Manfaat penggunaan fungsi Autosum, Product dan sumproduct. min, max

Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Fungsi ini karakternya sangat sederhana akan tetapi sangat berguna dalam Kehidupan sehari hari kita. Berikut adalah Penjelasan dan cara penulisan Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN, DAN COUNT dalam Microsoft Excel.

1. SUM (Function untuk menghitung hasil penjumlahan data dalam excel)
Cara penggunaannya: dengan mengetikkan =SUM(nomor1, nomor1, nomor1,….).jika yang akan dijumlahkan dalam satu kolom dan tidak terpisah oleh baris-baris tertentu maka tinggal ketikkan =SUM(Cellpertama:Cellterakhir) atau dengan ketikkan =SUM( klik cell pertama dan drag sampai cell terakhir, tutup “)” enter. Untuk lebih jelasnya Silahkan lihat contoh dalam gambar disamping ini.

Maka untuk menghitung TOTAL Siswa, di cell B10 tinggal ketikkan =SUM(B4:B9)Enter. Hasilnya adalah 497

Fungsi ini artinya adalah menjumlahkan, jadi fungsi Sum dalam Microsoft Excel digunakan untuk menjumlahkan isi data berupa angka dalam range tertentu penulisannya. Penulisan FUNGSI SUM dalam Microsoft Excel adalah =SUM ( Cell awal :Cell Akhir ), maksudnya kita disini akan menjumlahkan Cell dari cell awal ke cell akhir. Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel

Kita gunakan Fungsi SUM untuk menghitung Total Nilai. Maka kita akan menjumlah Cell dari B2 sampai ke B11, sehingga Penulisan Fungsi Sum dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut.

= SUM ( B2 : B11)

Kemudian Tekan Enter. Itulah gunanya Fungsi Sum Dalam Microsoft Excel

2. AVERAGE (Function untuk menghitung rata-rata dari beberapa data )
Cara penggunaanya sama dengan penggunaan Function SUM, hanya dengan mengganti =SUM menjadi =AVERAGE. Jadi untuk menghitung rata-rata pada kasus dalam gambar maka pada cell B11 ketikkan =SUM(B4:B9) enter. Hasilnya adalah 82.83

Fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebuah Fungsi yang digunakan untuk mencari rata rata dari suatu range tertentu. Penulisan fungsi Average dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut = Average ( cell pertama : cell terakhir). Untuk lebih memahami perhatikan gambar dibawah ini.
Misalnya saja kita akan mengisi rata rata. Maka kita dapat menggunakan fungsi Average, berarti untuk mengisi rata rata tersebut kita gunakan B2 sebagai cell pertama kemudian B9 sebagai cell terakhir.

= Average ( B2:B11)

Setetalah penulisannya benar kemudian tekan ente

3. COUNT (Function untuk menghitung banyak data angka)
Dalam kasus ini misalkan untuk menghitung jumlah kelas. Caranya sama juga dengan Fuction – function sebelumnya. Pada Cell B14 ketikkan =COUNT(B4:B9). Hasilnya 6, kerena data angka yang dihitung berjumlah 6.


4. MAX (Function unutk mengetahui data angka tertinggi)
Caranya sama, pada cell B12 ketikkan =MAX(B4:B9) untuk mengetahui data angka tertinggi pada contoh gambar diatas. Maka akan didapat angka 100 sebagai angka tertinggi.
Fungsi Max dalam Microsoft Excel digunakan untuk mencari data tertinggi dari suatu range. Fungsi Max ini digunakan untuk mencari nilai tertingi dalam suatu kelas. Penulisan Fungsi Max dalam Microsoft excel adalah sebagai berikut. =MAX ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel
Pada gambar diatas kita dapat mencari nilai tertinggi dengan menggunakan fungsi Max dalam Microsoft Excel, caranya Pada gambar diatas Range nilai tertinggi adalah antara B2 sampai B11. Sehingga Penulisan Fungsi tersebut adalah sebagai berikut.

= Max ( B2 : B11)

Setelah menuslih fungsi max dengan benar, setelahnya adalah menekan enter
5. MIN (Function untuk mengetahui data angka terendah)
Seperti halnya Function MAX. Function MIN pun masih sama, pada cell B13 ketikkan =MIN(B4:B9) untuk mengetahui data angka tertinggi pada contoh gambar diatas. Maka akan didapat angka 100 sebagai angka tertinggi.
Fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah kebalikan dari Fungsi Max, fungsi ini digunakan untuk mencari data terendah dari suatu range. Penulisan fungsi Min dalam Microsoft Excel adalah sebagai berikut. =MIN ( CELL RANGE PERTAMA : CELL RANGE TERAKHIR )
= Min ( B2 : B11)
Fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN DAN COUNT dalam Microsoft Excel
Setelah memahami fungsi SUM, AVERAGE, MIN, dan MAX dalam Microsoft Excel. Anda membutuhkan sebuah latihan untuk membuat anda lebih paham. 

~ TERIMA KASIH ~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan Hardware, Software, Brainware

Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP serta perbedaan penggunaan fungsi tersebut